Recent Posts

Ngabalin: Jokowi Buat Jalan Tol Seperti Menuju Sidratul Muntaha

9.28.2018
Ngabalin dan Jokowi






Politikus Golkar Ali Mochtar Ngabalin menilai visi misi Jokowi-Ma’ruf lebih lengkap daripada visi misi Prabowo-Sandi. Pasalnya, visi misi Jokowi-Ma’ruf sebanyak 35 halaman, sedangkan visi misi Prabowo-Sandi sebanyak 15 halaman.

Ngabalin menyebut, mimpi Jokowi membangun Indonesia akan lebih dahsyat. Jalan tol yang dibuat oleh Jokowi, menurutnya, seperti menuju Sidratul Muntaha.

"Coba Anda bayangkan, tiga tahun, empat tahun republik ini (dipimpin Jokowi), Indonesia sudah kayak seperti Sidratul Muntaha," kata Ngabalin seperti dikutip Kumparan, Kamis (27/9/2018).

"Bilang, kata Ali Mochtar, baru tiga tahun saja Jokowi membuat jalan, membuat tol, membuat infrastruktur seperti mau menuju ke Sidratul Muntaha. Begitu dahsyatnya, kuatnya," lanjutnya.

Sidratul Muntaha merupakan tempat suci tujuan mi’raj Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dan menerima perintah shalat di sana.





Dalam Al Qur’an, Allah berfirman mengenai sidratul muntaha dalam surat An Najm.

وَلَقَدْ رَآَهُ نَزْلَةً أُخْرَى
عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى
عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى
إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى
مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغَى
لَقَدْ رَأَى مِنْ آَيَاتِ رَبِّهِ الْكُبْرَى

“Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal, (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. Penglihatannya (muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar.” (QS. An-Najm: 13-18)

Ketika menafsirkan ayat ini, Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan bahwa sidratul muntaha adalah tempat tertinggi di langit yang menjadi batas ujung pengetahuan dan amal aktifitas para makhluk. Tidak seorang makhluk pun mengetahui apa yang ada di belakangnya.

“Tempat ini diserupakan dengan as sidrah yang artinya pohon nabk karena mereka berkumpul di bawah teteduhannya. Di dekat sidratul muntaha ada surga Al Ma’wa yakni tempat tinggal arwah orang-orang mukmin yang bertaqwa,” terang Syaikh Wahbah Az Zuhaili.

Lebih detil tentang sidratul muntaha bisa dibaca di artikel Isra Miraj







2 komentar: