Recent Posts

95 Persen Netizen Setuju SIM Berlaku Seumur Hidup

11.26.2018
SIM berlaku seumur hidup

Wacana Surat Izin Mengemudi (SIM) berlaku seumur hidup viral dalam pekan terakhir. Hal itu setelah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melontarkan programnya jika memenangi Pemilu 2019.






Rupanya, program itu disetujui mayoritas netizen. Hasil jajak pendapat selama dua hari yang digelar Bersama Dakwah menunjukkan, 95 persen netizen setuju SIM berlaku seumur hidup.

Jajak pendapat melalui fan page itu digelar pada tanggal 23 November hingga 25 November 2018. Sebanyak 4,3 ribu pengguna Facebook berpartisipasi dalam jajak pendapat tersebut. Sebanyak 4000 lebih menyatakan setuju SIM berlaku seumur hidup sedangkan 215 orang sisanya menyatakan tidak setuju.







Seperti diketahui, pada Kamis (22/11/2018) lalu Tim Pemenangan Pemilu (TPP) PKS menggelar konferensi pers menyampaikan salah satu program PKS jika menang Pemilu 2019. Yakni PKS akan memperjuangkan Rancangan Undang Undang (RUU) Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan Pemberlakuan SIM Seumur Hidup.

Wakil Ketua TPP PKS Almuzammil Yusuf menjelaskan, setidaknya ada tiga alasan pemberlakuan SIM seumur hidup. Pertama, perbaruan SIM setiap 5 tahun sekali merepotkan. Bukti yang sudah berhasil adalah KTP yang dahulu harus 5 tahun sekali diperbarui sekarang seumur hidup dan berefek positif pada penghematan waktu produktif masyarakat.

Kedua, agar biaya yang dibayar masyarakat ringan. Cukup sekali saja membayar biaya pembuatan SIM. Dan ketiga, di beberapa negara, telah diberlakukan SIM seumur hidup.

Bagaimana menurut Anda? [Ibnu K/Tarbiyah]







Tidak ada komentar:

Posting Komentar