Recent Posts

Katanya Anti Air Kenapa Ditutupi Plastik? Ini Jawaban KPU

12.18.2018
Kotak suara dibungkus plastik

Kotak suara Pemilu 2019 menjadi sorotan. Setelah publik ramai mempertanyakan mengapa bahannya kardus, KPU menjawab bahwa bahannya bukan kardus melainkan karton kedap air. (Baca: Kotak Suara Pemilu 2019 Berbahan Kardus? Ini Bantahan KPU)






Untuk membuktikan seberapa kuat kotak suara tersebut, saat KPU tampil live di TV One, petugas KPU diminta menjelaskan dan memperagakan.

“Ini kotak surat suara yang sudah terpasang,” kata Fatoni di Jombang, Jawa Timur, sembari menunjukkan kotak suara berwarna putih dengan dibungkus plastik.

“Ini sengaja kita beri plastik karena ini juga untuk menjaga barangkali nanti pas musim hujan sehingga jangan sampai kena air. Ini siapkan juga plastik seperti ini.”

“Katanya anti air Pak?” tanya reporter TV One.

“Lho, iya. Tapi meskipun anti air, kita kan nggak boleh kemudian mengabaikan. Kita tetap harus berjaga-jaga bagaimana safety-nya agar rasa aman surat suara yang ada di kotak suara ini nanti, kebetulan pas musim hujan. Maka kita juga terus berjaga-jaga meskipun kotak suaranya ini anti air,” terang Fatoni.

TV One kemudian meminta Fatoni menduduki kotak suara tersebut. Saat menduduki, terlihat ia goyang ke belakang hampir jatuh (lihat video menit ke 1:31).





“Pemirsa bisa lihat ya,” kata reporter TV One.
“Waduh hati-hati Pak,” sahut reporter lainnya. “Ini beneran kuat Pak? Tadi agak sedikit goyang badan Bapak tadi kami lihat Pak.”

“Ini miring tadi, posisinya miring,” jawab Fatoni, petugas KPU yang memperagakan kekuatan kotak suara tersebut.

Karena Fatoni bersikukuh kotak suara tersebut kuat, TV One memintanya berdiri di atas kotak suara.

“Kalau berdiri di atas, berat saya ini yang terlalu berat. Karena saya 70 Kg lebih,” kata Fatoni.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar