Recent Posts

Jokowi Ralat Pernyataannya Soal “Tidak Ada Kebakaran Hutan dan Lahan”

18 Feb 2019
Jokowi Prabowo

Presiden Joko Widodo meralat ucapannya saat debat Pilpres yang mengklaim tidak ada kebakaran hutan dan lahan dalam kurun tiga tahun terakhir. Ralat itu disampaikannya pada Senin (18/2/2019) di Banten.






"Saya sampaikan kami bisa mengatasi kebakaran dalam tiga tahun ini, artinya bukan tidak ada, tapi turun drastis, turun 85 persen lebih," kata Jokowi di Pandeglang, Banten, Senin (18/2/2019).

Menurutnya, dalam kurun waktu tersebut dampak dari kebakaran hutan dan lahan tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya. Tidak sampai mengganggu jadwal penerbangan dan protes asap dari negara-negara tetangga.

Ia pun meminta pernyataannya pada debat semalam tidak ditanggapi berlebihan.

"Jangan dilebih-lebihkan seperti itu," kata Jokowi seperti dikutip Tempo.

Seperti diviralkan oleh pengguna Twitter, pada debat kedua capres, Selasa (17/2/2019) malam, Jokowi menyatakan tidak ada kebakaran hutan dan lahan gambut dalam tiga tahun terakhir.

“Dalam tiga tahun ini tidak terjadi kebakaran lahan, hutan, kebakaran lahan gambut, dan itu adalah kerja keras kita semuanya,” kata Jokowi di Hotel Sultan, kemarin.

Akibat pernyataan itu dan sejumlah pernyataan lainnya, banyak pengguna Twitter menggunakan tagar #JokowiBohongLagi hingga menduduki trending topic teratas di Indonesia.





Baca juga: Mengapa #JokowiBohongLagi Jadi Trending Topic Teratas? Ini Alasan Netizen



Sedangkan aktifis Walhi menilai, salah data tersebut mungkin karena Jokowi grogi.

"Dalam konteks (debat) ini, mungkin Pak Jokowi grogi sampai-sampai dia bilang enggak ada (kebakaran), harusnya berkurang bukannya tidak ada," kata aktivis lingkungan hidup dari WALHI, Dwi Saung, di kantor WALHI, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (18/2/2019), seperti dikutip Tribunnews.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar