Recent Posts

6 Manfaat Doa Qunut yang Luar Biasa

25 Apr 2019
Doa qunut Subuh

Dalam hadits shahih ada doa qunut. Bacaan doa qunut ini diriwayatkan oleh Abu Daud, An Nasa’i, Tirmidzi dan Ahmad. Yakni qunut witir yang dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Seperti diketahui, ada tiga jenis doa qunut. Yakni doa qunut subuh, qunut witir dan qunut nazilah. Para ulama berbeda pendapat mengenai qunut Subuh.

Imam Abu Hanifah menyimpulkan bahwa qunut Subuh itu tidak ada. Imam Malik dan Imam Syafi’i menyimpulkan qunut Subuh hukumnya sunnah. Sedangkan Imam Ahmad menyimpulkan, qunut Subuh berlaku saat ada masalah besar dan perlu mendoakan. Yakni qunut nazilah.






Doa Qunut Witir dan Qunut Subuh


Dalam mazhab Syafi’i, doa Qunut Subuh sama dengan doa qunut witir. Yakni sebagai berikut:

doa qunut


اللَّهُمَّ اهْدِنَا فِيمَنْ هَدَيْتَ. وَعَافِنَا فِيمَنْ عَافَيْتَ. وَتَوَلَّنَا فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ. وَبَارِكْ لَنَا فِيمَا أَعْطَيْتَ

وَقِنَا شَرَّ مَا قَضَيْتَ. إِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ. وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ. وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Alloohummah dinaa fiiman hadait. Wa ‘aafinaa fiiman ‘aafait. Wa tawallanaa fiiman tawallait. Wa baariklanaa fiimaa a’thoit.

Wa qinaa syarro maa qodloit. Innaka taqdli wa laa yuqdlo ‘alaik. Wa innahu laa yadzillu maw waalait. Wa laa ya’izzu man ‘aadait. Tabaarokta wa ta’aalait.

Artinya:

Ya Allah berilah kami petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kami perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi. Sayangilah kami sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi. Berikanlah berkah terhadap apa-apa yang telah Engkau berikan kepada kami.

Jauhkanlah kami dari kejelekan apa yang Engkau telah takdirkan. Sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan hukum dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Mahasuci Engkau, wahai Rabb kami Yang Mahatinggi.

Manfaat Doa Qunut


Doa qunut di atas memiliki banyak manfaat yakni sebagai berikut:

1. Mendapat petunjuk

Dalam doa qunut, kita meminta diberi petunjuk, “Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk.”

Bahkan sebagian ulama menjelasakan, bukan hanya minta petunjuk tapi juga minta dimasukkan dalam komunitas orang-orang yang diberi petunjuk dan dihindarkan dari kesesatan.

2. Mendapat perlindungan Allah

Dalam doa qunut, kita minta perlindungan Allah dari segala bentuk marabahaya dan penyakit. “Berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi.”

Perlindungan ini bersifat umum. Baik perlindungan dari godaan jin, sihir dan sejenisnya. Maupun perlindungan dari bahaya kasat mata seperti kecelakaan dan bencana. Juga perlindungan dari penyakit sehingga Allah menjaga kesehatan kita.





3. Disayang Allah

Dalam doa qunut, kita minta disayang Allah. “Sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi.”

Kalau sudah disayang Allah, apa pun yang terjadi sebenarnya bukan masalah apa-apa. Karena Allah punya segalanya. Allah kuasa melakukan apa pun terhadap makhlukNya.

4. Kehidupannya diberkahi

Dalam doa qunut, kita minta diberkahi Allah. “Berikanlah berkah terhadap apa-apa yang telah Engkau berikan kepadaku.”

Apa yang telah Allah anugerahkan baik berupa materi maupun pasangan hidup dan anak-anak juga diberkahiNya.

5. Dihindarkan dari kejelekan

Dalam doa qunut, kita minta dijauhkan dari kejelekan. “Jauhkanlah aku dari kejelekan apa yang Engkau telah takdirkan.”

Maka dengan rahmatNya, Allah akan menjauhkan kita dari kejelekan dan keburukan.

6. Mendapat pembelaan dan kemuliaan

Dalam doa qunut, ada doa yang tersirat untuk meminta pembelaan dan kemuliaan. “Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi.”

Siapa yang dibela Allah, ia pasti menang. Siapa yang dimuliakan Allah, tidak akan ada makhluk yang bisa menghinakan.

Pembahasan lengkap hingga qunut nazilah bisa dibaca di artikel Doa Qunut

Semoga kita semua mendapatkan manfaat ini. Dikabulkan doa kita. Karena Allah telah berfirman: berdoalah kepadaKu niscaya Aku kabulkan. [Muchlisin BK/Tarbiyah]







Tidak ada komentar:

Posting Komentar