Recent Posts

Setelah Shalat Istikharah Mimpi Pacar Meninggal, Artinya Apa?

19 Mei 2019
shalat istikharah
ilustrasi (Republika)

Assalamualaikum pak ustad. Saya habis melakukan shalat istikharah, sehabis itu saya bermimpi pacar saya meninggal. Itu pertanda apa ya mohon jawabannya. Terimakasih. (Irvan Widi)

Jawaban:







Wa’alaikum salam warahmatullah. Alhamdulillah, menunaikan shalat istikharah adalah bagian dari amal shalih dan ikhtiar sya’ri yang telah Mas Irvan lakukan.

Jawaban shalat istikharah sebenarnya tidak selalu berupa mimpi. Yang paling umum, jawaban istikharah adalah munculnya kemantapan hati dan dimudahkan serta ditakdirkan Allah untuk melakukan atau mengalami salah satu pilihan yang kita minta. Sebagaimana doa shalat istikharah yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ
اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ
وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.”





Namun jika Mas Irvan ingin mengetahui arti mimpi itu, Allah menghendaki Mas mengubur pacaran itu menjadi masa lalu. Caranya, dengan segera menikahi gadis tersebut. Segera akhiri pacaran dan hijrahkan cinta dengan pernikahan. Maka cinta Anda berdua akan menjadi cinta yang halal dan diberkahi.

Jika belum mampu menikah, akhiri pacaran tersebut. Putuskan dan perbanyak puasa. Sebagaimana tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepada para pemuda:

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

“Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kamu sudah memiliki kemampuan maka hendaklah ia menikah. Dan barangsiapa belum mampu menikah, hendaklah ia berpuasa karena sesungguhnya puasa itu adalah perisai baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Semoga Mas Irvan dimudahkan untuk menghijrahkan cinta. Dan Allah memberikan jodoh terbaik serta menganugerahi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. [Muchlisin BK/Tarbiyah]

*Pembahasan lengkap tentang shalat istikharah dan tanya jawab seputar istikharah bisa dibaca di artikel Shalat Istikharah







Tidak ada komentar:

Posting Komentar