Recent Posts

Tiba-Tiba Turun Awan Saat Baca Surat Al Kahfi, Ini Penjelasan Nabi

21 Jun 2019
surat al kahfi

Seorang laki-laki sedang membaca Surat Al Kahfi di rumahnya. Tiba-tiba terdengar suara tak biasa dari hewan tunggangan yang ia kandangkan di depan rumah.

Laki-laki itu pun keluar rumah melihat apa yang terjadi. Ternyata ada kabut putih tebal laksana awan yang melingkupinya.






Menyaksikan kejadian aneh itu, ia lantas menghadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Mendengar penuturannya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kemudian bersabda:

اقْرَأْ فُلاَنُ ، فَإِنَّهَا السَّكِينَةُ نَزَلَتْ لِلْقُرْآنِ ، أَوْ تَنَزَّلَتْ لِلْقُرْآنِ

“Bacalah terus hai Fulan. Sesungguhnya ia adalah ketenangan yang turun sebab kemuliaan bacaan Al Quran.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ketika menafsirkan Surat Al Kahfi, Ibnu Katsir mengawalinya dengan mengutip hadits tersebut. Menunjukkan keutamaan Surat Al Kahfi.

Surat ke-18 ini memang luar biasa. Dan secara khusus, ia disunnahkan untuk dibaca pada hari Jumat. Juga malam Jumat.

Membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat, akan memberikan keutamaan kepada pembacanya berupa cahaya di hari kiamat.

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq” (HR. Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi; shahih)





Bahkan juga cahaya di dunia. Yang artinya langkah hidupnya akan diterangi Allah dengan bimbingan-Nya. Dari jumat waktu ia membaca Surat Al Kahfi hingga Jumat berikutnya.

إِنَّ مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Sesungguhnya barangsiapa membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jumat” (HR. Hakim dan ia menshahihkannya)

Tidak hanya itu, insya Allah ia juga akan mendapatkan ampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (Hadits riwayat Ibnu Umar dalam at-Targhib wa al-Tarhib)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar