Recent Posts

Awas! Ini Potensi Bahaya Aplikasi FaceApp

19 Jul 2019
FaceApp
FaceApp (Inside Edition)

Foto perubahan wajah sedang marak di media sosial. Utamanya Instagram, Twitter dan Facebook. Rupanya banyak netizen menggunakan aplikasi FaceApp untuk membuat foto wajahnya terlihat tua.

Tagar #FaceAppChallenge pun viral disertai foto-foto wajah yang telah berubah menjadi lebih tua.






FaceApp yang tersedia di App Store dan Play Store ini menggunakan aplikasi pengembang asal Rusia yang bekerja menggunakan jaringan neural untuk mengubah wajah yang ada di foto. Hasilnya, foto yang mirip dengan wajah aslinya, baik lebih tua ataupun lebih muda. Bahkan aplikasi ini juga menyediakan perubahan wajah beda gender.

Diluncurkan pada 2017, FaceApp hingga kini telah diunduh lebih dari 100 juta kali.

Namun sejumlah potensi bahaya dipertanyakan untuk penggunaan aplikasi ini. FaceApp bisa mengakses foto, informasi lokasi, penggunaan data dan hostori browsing.

Yang paling dipertanyakan, foto yang diunggah terlebih dulu harus masuk ke servernya FaceApp. Dan FaceApp berhak mempublikasikan dan menjual foto tersebut untuk keperluan komersiil meskipun foto telah dihapus oleh pengguna.

Jadi sebelum mengklik setuju untuk penggunaan aplikasi semacam ini, sebaiknya dibaca dulu ketentuannya. [Ibnu K/Tarbiyah]








Tidak ada komentar:

Posting Komentar