Recent Posts

Hasil Survei Setara Institute, Mahasiswa di Kampus Ini Paling Fundamentalis

1 Jul 2019
Setara Institute
Pemaparan Setara Institute oleh Noryamin Aini (Detik)

Setara Institute meneliti tipe-tipe cara mahasiswa beragama, salah satunya terkait dengan fundamentalisme. Ada seribu mahasiswa dari 10 kampus negeri yang diteliti. Setiap kampus ada 100 responden.






10 kampus negeri yang diteliti itu adalah UI, UNAIR, Universitas Brawijaya, ITB, UNY, UGM, UNRAM, IPB, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dan hasilnya, kampus dengan mahasiswa paling fundamentalis adalah UIN Bandung. Kemudian disusul UIN Jakarta.

Berikut ini urutan peringkat 10 kampus dalam kategori 'Fundamentalisme Pendirian Beragama Responden'. Semakin atas peringkatnya maka semakin fundamentalislah mahasiswanya:

1. UIN Bandung
2. UIN Jakarta
3. UNRAM
4. IPB
5. UNY
6. UGM
7. Universitas Brawijaya
8. ITB
9. UNAIR
10. UI





Fundamentalisme yang dimaksud dalam survei ini adalah konsep mendasar yang membuat orang menjadi yakin dalam pilihan-pilihan keagamaan.

Cara melihat data ini tergantung perspektif yang digunakan. Bisa saja pengamat memandang tingginya angka konservatisme adalah kabar baik, namun bisa pula pengamat memandang tingginya angka konservatisme adalah kabar buruk.

Hasil survei itu dipaparkan di Hotel Ibis Tamarin, Jl KH Wahid Hasyim No 77, Jakarta Pusat, Ahad (30/6/2019). Pemaparnya adalah Noryamin Aini selaku peneliti Setara Institute yang juga dosen di UIN Jakarta.

Selain fundamentalisme, survei itu juga meneliti tingkat konservatisme, ekslusivisme-inklusivisme internal umat beragama, dukungan terhadap instrumen kekerasan agama, dukungan terhadap privatisasi agama (agama urusan privat atau bukan), hingga beragama dalam konteks bernegara. [Ibnu K/Tarbiyah]







Tidak ada komentar:

Posting Komentar