Recent Posts

Spiderman Far From Home untuk Semua Umur? Ternyata Ada 3 Adegan Ini

4 Jul 2019
spiderman far from home
Spiderman: Far from Home (Sony)

Ada yang aneh dengan kode rating film Spiderman Far From Home. Ia mendapat kode rating SU alias Semua Umur dari Lembaga Sensor Film (LSF) Republik Indonesia. Banyak orangtua yang mengajak anak-anaknya yang masih kecil untuk menonton film ini.

Apalagi saat ini masih musim liburan sekolah. Sehingga di banyak bioskop, film yang dibintangi Tom Holland dan Zendaya ini, penuh penonton. Tidak hanya orang dewasa dan remaja tapi juga anak-anak.






Mengapa Spiderman Far From Home mendapat rating SU padahal film sebelumnya, Spiderman Home Coming mendapat rating R13+ yang artinya diperuntukkan bagi penonton 13 tahun ke atas?

spiderman homecoming
Spiderman Homecoming dapat kode rating R13+ (Cineplex21)

Sedikitnya ada 3 adegan yang patut dipertanyakan apakah film Spiderman Far From Home ini memang benar untuk semua umur.

Ada adegan c*uman pada film Spiderman Far From Home


Di bagian akhir film ini, ada adegan ciuman antara Peter Parker (Tom Holland) dan MJ (Zendaya). Bahkan tidak hanya sekali namun berkali-kali.

Meskipun berlangsung singkat, ini tidak pantas untuk ditonton oleh anak-anak kecil.

Karenanya aneh jika film ini mendapatkan kode rating SU, tanpa embel-embel BO (bimbingan orangtua). Bahkan kalaupun disertai embel-embel BO, tetap menyisakan pertanyaan, tidakkah lebih baik jika koder ratingnya R13+ yakni untuk penonton 13 tahun ke atas.

spiderman far from home untuk semua umur
Spiderman Far From Home dapat kode rating SU (Cineplex21)

Peter Parker Melepas Pakaian






Poin lain yang patut dipertimbangkan adalah, pada film Spiderman Far From Home ini ada dua momen Peter Parker melepas pakaian sebelum mengenakan kostum barunya yang berwarna hitam.

Pertama, ia melepas celana karena disuruh asisten Nick Fury untuk mencoba kostum baru berwarna hitam yang khusus ia pakai beraksi di Eropa.

Kedua, saat berdua dengan MJ untuk mengenakan kostum yang sama. Bahkan pada momen ini, MJ terlihat melirik untuk mencuri pandang ketika Peter melepas baju.

Aksi Pertarungan pada film Spiderman Far From Home


Memang aksi pertarungan yang dilakukan oleh Spiderman tidak tergolong keras. Namun tetap saja perlu dipertimbangkan jika Anda membawa anak-anak ke bioskop apakah mereka akan ketakutan dengan adegan pertarungan yang efek suaranya demikian.

Penampakan “monster” atau “the elementals” terutama ketika mengeluarkan api dan tayangan efek kerusakan pada film Spiderman Far From Home ini, patut dipertimbangkan apakah cocok untuk anak-anak. Efek ini tentu akan berkurang dramatisnya ketika diputar di televisi.

Baca juga: Lama Menikah Belum Punya Anak? Ini Dua Solusi dari Nabi

Dengan mempertimbangkan sedikitnya tiga adegan ini, mungkin Lembaga Sensor Film (LSF) bisa mengkaji kembali kode ratingnya. Atau mengetatkan lagi sensirnya.

Dan yang lebih penting bagi orangtua, mungkin bisa mempertimbangkan kembali sebelum mengajak anak-anak yang masih kecil menonton film Spiderman Far From Home di bioskop. [Ibnu K/Tarbiyah]







1 komentar:

  1. Makasih infonya, saya memang sempat terpikir mengajak anak saya, maka saya cari info tentang film ini. dan ketemu tulisan ini.

    BalasHapus