Recent Posts

Jokowi Putuskan Ibu Kota RI Pindah ke Kaltim

26 Agu 2019
Jokowi

Presiden Joko Widodo memutuskan memilih Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibu kota negara Indonesia yang baru. Lokasinya terletak di dua Kabupaten.

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanaegara Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).






Saat membacakan pengumuman itu, Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri ATR Sofyan Djalil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Pengumuman tersebut disampaikan Jokowi usai menerima dua kajian dari Bappenas soal hasil kajian struktur tanah dan dampak ekonomi dari pembangunan ibu kota baru.

Jokowi mengakui lokasi ibu kota yang baru membutuhkan persetujuan DPR. Karena itu ia telah mengirimkan surat ke Ketua DPR.

"Saya paham, lokasinya membutuhkan persetujuan DPR. Tadi pagi saya sudah kirim surat ke ketua DPR dengan dilampiri hasil kajian calon ibu kota negara," kata Jokowi.

Sedangkan untuk rancangan undang-undang (RUU) ibu kota, saat ini sedang disiapkan. [Ibnu K/Tarbiyah]








Tidak ada komentar:

Posting Komentar