Recent Posts

Langit Jambi Memerah, Ini Penyebabnya Menurut BMKG

21 Sep 2019
Langit Jambi memerah
Langit Jambi memerah (Istimewa)

Udara di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, sejak siang hingga sore hari ini terlihat memerah. Hal itu membuat sejumlah warga takut, tidak berani keluar rumah.






"Pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB kondisi cuaca itu masih terlihat menguning, pukul 12.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB ini, cuaca di Desa Mekar Sari, Kecamatan Kumpe Ilir, Kabupaten Muaro Jambi, sudah memerah. Kami tidak berani untuk keluar rumah, warga di sini juga di dalam rumah semua karena takut, melihat cuaca yang merah karena terselimuti asap," kata Mustakim, warga Muaro, seperti dikutip Detik, Sabtu (21/9/2019).
https://news.detik.com/berita/d-4715951/ngeri-langit-merah-gelapgegara-kabut-asap-di-muaro-jambi

Selain diselimuti asap, abu dari sisa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi itu tampak berterbangan di jalan.

BMKG Jambi menjelaskan, fenomena langit yang menguning hingga memerah di Kabupaten Muaro Jambi itu merupakan akibat asap tebal yang menyelimuti wilayah itu. Kondisi itulah yang menyebabkan sinar matahari tidak sampai ke bumi sehingga langit terlihat menguning hingga memerah.

Kondisi itu bisa kembali normal jika adanya hembusan angin kencang atau guyuran hujan lebat.

Hingga saat ini, Karhutla di Jambi masih terus terjadi di beberapa titik. Pemerintah setempat dilaporkan tengah berupaya memadamkan kebakaran itu. [Ibnu K/Tarbiyah]








Tidak ada komentar:

Posting Komentar