Recent Posts

Luncurkan Mobil Esemka, Jokowi: Kalau Beli Produk Lain ya Kebangetan

7 Sep 2019
Jokowi resmikan Esemka
Jokowi resmikan Esemka (Setkab.go.id)

Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik sekaligus meluncurkan mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), di Kabupaten Boyolali, Jumat (6/9/2019) siang.






Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, mobil Esemka adalah brand dan prinsipalnya Indonesia. Merk dalam negeri yang sudah dirintis sekitar 10 tahun yang lalu oleh para teknisi dan anak-anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

“Tadi dari belakang saya lihat bagaimana mesin dan komponen-komponen lain dirakit, yang saya lihat saya senang bahwa supplier-supplier komponen yang ada banyak sekali yang berasal dari dalam negeri. Artinya local content-nya juga sudah baik, meskipun saya tahu pasti belum sampai ke angka 80 apalagi 100%,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, membuat mobil itu tidak hanya memproduksi saja, tetapi juga bagaimana menjualnya.






“Tidak mudah, tidak gampang, masuk pasarnya ini juga tidak gampang dan tidak mudah. Tetapi kalau kita sebagai sebuah bangsa mau menghargai karya kita sendiri, brand dan prinsipal kita sendiri ini akan laku,” tandasnya seperti dikutip laman resmi Setkab.

Karenanya Jokowi mendorong masyarakat untuk mendukungnya. Ia menyebut kebangetan jika sampai beli produk lain, apalagi impor.

“Saya tidak ingin maksa pada bapak ibu dan saudara-saudara semuanya untuk beli, tapi kalau lihat produknya tadi saya sudah buka, sudah coba, sudah lihat, sudah tes memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangetan apalagi yang impor,” lanjutnya. [Ibnu K/Tarbiyah]








Tidak ada komentar:

Posting Komentar