Recent Posts

Maksimal Enam Bulan Lagi, Eselon 5 Hingga Eselon 3 Akan Dihapus

30 Okt 2019
Tjahjo Kumolo

Selambat-lambatnya enam bulan lagi akan dilakukan pemangkasan sistem eselon di berbagai kementerian dan lembaga. Eselon 5, eselon 4 dan eselon 3 akan dihapus. Demikian janji Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.






Bahkan dirinya siap mundur jika gagal melakukan pemangkasan tersebut.

“Janji saya ke Presiden, kalau setengah tahun ini saya tidak mampu, saya gagal, saya mundur,” kata Tjahjo di kantor Kemenpan RB, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019).

Lebih jauh ia menjelaskan, Presiden Jokowi memberikan tugas Kemen PANRB untuk melakukan perbaikan birokrasi melalui Kementerian PANRB. Hal itu merupakan salah satu tujuan dari reformasi birokrasi.

“Gagasan Bapak Jokowi untuk menghapus Eselon 3 sampai Eselon 5 bertujuan untuk membangun profesionalisme birokrasi termasuk penerimaan CPNS yang dilakukan secara profesional oleh BKN,” tandas politikus PDIP itu.

Tjahjo berjanji akan mulai melakukan proses pemangkasan sistem eselon dalam waktu dekat ini, di Kementerian yang dibawahinya.






“KemenPANRB strategis, karena kita miliki amanat saat pelantikan presiden adalah masalah eselonisasi yang harus disederhanakan. Kita mau pangkas dua dan digantian jabatan fungsional. Target saya eselonisasi itu paling lama setahun selesai,” ujar Tjahjo seperti dikutip Jawapos.

Sebelumnya rencana pemangkasan eselon dalam tubuh kementerian muncul dalam pidato Presiden Jokowi usai dikukuhkan sebagai Presiden periode 2019-2024. Jokowi mengatakan penyederhanaan birokrasi harus terus dilakukan besar-besaran.

"Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," kata Jokowi.

Sementara itu, Ketua Umum Korps Pegawai RI (Korpri) Zudan Arief Fakhrulloh meminta Presiden Jokowi mengkaji kembali rencana pemangkasan eselon tersebut secara komprehensif. [Ibnu K/Tarbiyah]








Tidak ada komentar:

Posting Komentar