Recent Posts

5 Amal Sunnah Ketika Terjadi Gerhana Matahari

25 Des 2019
gerhana matahari
ilustrasi gerhana matahari (hitekno)

Gerhana matahari adalah salah satu tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Bagi kaum muslimin, gerhana matahari adalah momentum tafakur dan mendulang banyak pahala.






Mengapa banyak pahala? Karena ada banyak sunnah yang diajarkan Rasulullah ketika terjadi gerhana matahari. Setiap amal sunnah itu memiliki pahala dan keutamannya masing-masing.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda mengenai amal-amal sunnah ketika terjadi gerhana:

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا ، وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana matahari atau bulan tidaklah terkait kematian atau kehidupan seseorang. Karenanya jika kalian melihat gerhana itu, berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, shalatlah dan bersedekahlah. (HR. Bukhari)

Dalam Fiqih Sunnah, Sayid Sabiq menyebutkan hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.

Pada suatu ketika, terjadi gerhana matahari, maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berdiri untuk mengerjakan shalat dan bersabda, "Jika engkau melihat gerhana, segeralah berzikir kepada Allah, berdoa dan memohon ampunan kepadaNya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari dua hadits tersebut, 5 amal sunnah ketika terjadi gerhana matahari adalah sebagai berikut:

1. Shalat gerhana matahari


Shalat gerhana matahari adalah amal utama ketika terjadi gerhana matahari. Para ulama sepakat, hukumnya sunnah muakad, sunnah yang sangat dianjurkan. Shalat gerhana matahari disunnahkan untuk dilakukan secara berjamaah. Ia dikerjakan dua rakaat, dengan empat kali ruku’. Jadi di setiap raka’at ada dua kali ruku’.

Panduan lengkapnya mulai dari tata cara, niat, hingga khutbahnya bisa dibaca di artikel Shalat Gerhana Matahari

2. Berdoa


Pada saat gerhana matahari, kita dianjurkan untuk banyak berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bahkan dalam satu riwayat disebutkan para sahabat berdzikir dan berdoa hingga gerhana selesai. Di antara keutaman doa ketika gerhana ini, doa-doa tersebut insya Allah mustajab. Dikabulkan Allah Azza wa Jalla.






3. Berdzikir dan membaca takbir


Amal lain yang disunnahkan pada saat gerhana matahari adalah berdzikir. Dzikir apa? Dzikir apa saja yang termasuk kalimat thayyibah, terutama takbir karena disebutkan secara khusus dalam hadits tersebut. Yang perlu dipahami, membaca takbir ketika terjadi gerhana tak perlu keras-keras. Cukup didengar oleh dirinya sendiri.

4. Beristighfar


Amal sunnah lainnya adalah beristighfar. Memohon ampun kepada Allah. Sebagaimana doa yang dikabulkan, siapa yang memohon ampunan pada momen ini insya Allah dosa-dosa diampuni Allah Subhanahu wa Ta’ala.

5. Bersedekah


Jika keempat amal lainnya adalah amal fisik yang menuntut tenaga fisik dan ucapan, amal sunnah kelima ini mengorbankan sebagian harta. Bersedekah. Sedekah dalam arti luas. Kepada siapa saja terutama yang membutuhkan.

Semoga kita dimudahkan Allah untuk menunaikan 5 amal sunnah ketika terjadi gerhana matahari dan denganNya Allah meridhai kita serta mendatangkan rahmat-Nya. [Muchlisin BK/Tarbiyah.net]








Tidak ada komentar:

Posting Komentar