Recent Posts

Kemenkes Jelaskan Cairan Penyemprot WNI dari Wuhan yang Dipertanyakan Netizen

3 Feb 2020
WNI disemprot cairan khusus
WNI disemprot cairan khusus (Detik)
Banyak netizen mempertanyakan cairan penyemprot WNI dari Wuhan. Seperti viral dalam video, petugas menyemprotkan cairan khusus kepada setiap WNI dari Wuhan yang turun dari Batik Air.

Apakah cairan itu alkohol? Jenis apa?






Sekretaris Setditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Achmad Yurianto menjelaskan tabung yang bertuliskan ‘alkohol’ bukanlah berisi alkohol untuk membuat orang mabuk. Itu adalah cairan disinfektan.

"Itu ngawur, itu bukan 'alkohol' itu yang ada tulisannya alkohol. Mana ada disemprot alkohol yang bikin mabuk? Itu pakai disinfektan," tandas Achmad Yurianto, kepada wartawan, Ahad (2/2/2020).

Disinfektan adalah bahan kimia (seperti lisol, kreolin) yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik. Disinfektan juga obat untuk membasmi kuman penyakit.

"Fungsinya mematikan bakteri dan virus yang menempel. Itu memang dibuat untuk manusia, untuk disemprotkan ke orang," lanjutnya.

Disinfektan sering digunakan untuk membersihkan lantai. Namun disinfektan yang disemprotkan ke WNI yang turun dari pesawat tersebut adalah disinfektan khusus untuk manusia.

"Sama saja, tapi diberi aroma yang enak lah, daripada ke mana-mana bau pel-pelan. Itu ada yang bau jeruk kek, bau mawar kek, bau yang enak lah," ujar Achmad.






Sebelumnya, video tersebut mendapat komentar miring dari Russian Market. Akun Twitter bercetang biru dengan 122 ribu followers itu mempertanyakan apakah tindakan itu disebut disinfeksi.

“They call it disinfection? Indonesia... no words,” cuit akun @russian_market, Ahad (2/2/2020), sembari mengunggah video penyemprotan tersebut.



Baca juga: Komentari Penyemprotan WNI dari Wuhan, Akun Rusia Ini Disebut “Julid Internasional”

Cuitan itu pun viral. Telah diretwit 9,5 ribu kali dan videonya telah ditonton 1,5 juta tayangan. [Ibnu K/Tarbiyah]








1 komentar:

  1. Data pribadi
    negara Indonesia
    Nama: Arif Hidayat
    Alamat: Jl.ds.lamangkona tawaeli
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp30 juta dari AVANT Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. AVANT Loan telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Deborah bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya menyerahkan tambahan Rp250 juta setelah melalui proses hukum saya. pinjaman disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam di rekening bank BCA saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Bu Deborah dan tim manajemen pinjaman terbatas Avant telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA dan INDONESIA, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Avant Loans Limited hari ini dan selalu
    e_mail: [avantloanson@gmail.com]

    WhatsApp: +6281334785906

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus