Recent Posts

Kepala BPIP Klarifikasi Soal Agama Musuh Pancasila, Respon Warganet Mengejutkan

14 Feb 2020
Kepala BPIP Yudian Wahyudi
Kepala BPIP Yudian Wahyudi (Dok republika)

Akun Twitter resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), @BPIPRI, memuat klarifikasi pernyataan Kepala BPIP Yudian Wahyudi yang menyebut agama adalah musuh Pancasila. Klarifikasi tersebut malah jadi sasaran amukan warganet.






Akun @BPIPRI mengunggah sebuah foto berisi klarifikasi dari Yudian, Jumat (14/2/2020) pagi.

“Yang saya maksud adalah bahwa Pancasila sebagai konsensus tertinggi bangsa Indonesia harus kita jaga sebaik mungkin. Pancasila itu agamis karena ke 5 sila Pancasila dapat ditemukan dengan mudah dalam Kitab Suci ke enam agama yang diakui secara konstitusional oleh NKRI,” kata Yudian dalam pernyataan tersebut.

"Namun, pada kenyataannya, Pancasila sering dihadap-hadapkan dengan agama oleh orang-orang tertentu yang memiliki pemahamam sempit dan ekstrim, padahal mereka itu minoritas (yang mengklaim mayoritas). Dalam konteks inilah “agama” dapat menjadi musuh terbesar karena mayoritas, bahkan setiap orang, beragama, padahal Pancasila dan agama tidak bertentangan, bahkan saling mendukung," lanjutnya.



Meski telah memberikan penjelasan terkait pernyataan kontroversial itu, Yudian tetap saja menjadi sasaran amukan warganet. Penjelasan tersebut dinilai semakin memperuncing masalah.






“Pernyataan ini bertolak belakang dg apa yg dinyatakan ybs dlm acara blak-blakan itu, bukan minta maaf malah menyudutkan anak bangsa lainnya, memperjelas bhw rezim ini tdk beritikad baik membuat damai di sini tapi sengaja membuat kegaduhan dg memberi jabatan kpd mrk yg bermasalah,” kata @EKMotoyomoto.

“jika memang beritikad baik utk membuat keadaan damai di sini copot ybs dr jabatannya atau bubarkan saja bpip ini, sdh menggunakan uang pajak hasil mengutip duit rakyat tapi bukan manfaat yg diperoleh rakyat hanya menghasilkan kegaduhan2 saja yg merugikan rakyat,” lanjutnya.

“Gelarnya si renteng2 kayak gerbong kereta tp kwalitasnya kalo ngomong kayak gitu. Dijelaskan pun isinya ga menjelaskan apapun, intinya sama mendiskreditkan umat beragama. BPIP ini udh jd badan anti agama apa gimana?” kata @Miawhime

“Ngeles aja lo, lagian g ada manfaat sedikit pun lembaga ini, yg ada hanya pemborosan sj.
#BubarkanBPIP,” kata @03Kakek










1 komentar:

  1. Data pribadi
    negara Indonesia
    Nama: Arif Hidayat
    Alamat: Jl.ds.lamangkona tawaeli
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp30 juta dari AVANT Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. AVANT Loan telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Deborah bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya menyerahkan tambahan Rp250 juta setelah melalui proses hukum saya. pinjaman disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam di rekening bank BCA saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Bu Deborah dan tim manajemen pinjaman terbatas Avant telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA dan INDONESIA, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Avant Loans Limited hari ini dan selalu
    e_mail: [avantloanson@gmail.com]

    WhatsApp: +6281334785906

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus