Recent Posts

Tafsir Surat Pilihan yang Sering Dibaca

27 Mar 2020
baca quran
ilustrasi (shutterstock)

Untuk menjadi muslim sejati, selain membaca Al-Quran, ada hal lainnya yang perlu kita lakukan, yaitu membaca tafsir. Tentunya seperti diketahui bersama, tafsir ini adalah salah satu langkah yang sebaiknya dilakukan oleh umat muslim, untuk mempelajari, dan mengenal Al-Quran lebih dalam. Mengingat ayat-ayat Al-Qur’an ini sangat cantik, baik bunyi maupun artinya. Namun walaupun bunyi surat tersebut terdengar cantik, apalah artinya jika tidak mengetahui maknanya. Demikian pula dengan surat atau ayat yang sering dibaca.







Untuk membantu kita lebih dalam mengenal Al-Quran, dengan cara mempelajari tafsir, sebaiknya kunjungi saja TafsirWeb, yang InsyaAlloh cukup lengkap. Yang di dalamnya terdapat tafsir yang telah disahkan oleh kementrian Agama RI, dan juga sudah disahkan oleh Kementrian Agama Saudi Arabia. Ini adalah Tafsir al-Mukhtashar, yang sebelumnya sudah disupervisi oleh Dr. Shalih Humaid (Imam Masjidil Haram), dan juga yang lainnya. 

Berikut ini adalah beberapa surat yang paling sering dibaca, dan sebaiknya kita ketahui dan pahami arti serta makna di balik surat tersebut, ketika menggunakan TafsirWeb antara lain : 
  1. Suroh Yasin. Siapa yang tidak kenal dengan suroh yang satu ini, ini adalah salah satu suroh yang cukup populer, dimana suroh tersebut, sering dibacakan pada acara tertentu dan pada hari tertentu. Namun apakah kita memahami arti dan makna di dalamnya ? 
  2. Suroh al-Kahfi. Selain suroh Yasin, ada juga suroh al-Kahfi, ini juga merupakan salah satu suroh yang rutin dibaca oleh berbagai kalangan di dalam pekannya. Untuk itu, kita juga perlu mengetahui makna dan kandungan dari suroh itu sendiri. 
  3. Suroh al-Waqiah. Ada yang menarik dari suroh ini, dimana suroh tersebut, banyak dibaca orang, lantaran adanya hadits yang menyebutkan fadhillah dari suroh yang satu ini. Walau demikian, terlepas dari status hadits serta hukumnya, karena suroh ini sering dibaca, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak untuk membaca tafsirnya, dan lebih mengenal lebih dalam akan isi dan makna dari suroh tersebut.
  4. Suroh ar-Rahman. Ini adalah suroh berikutnya yang cukup populer, salah satu alasannya karena susunan ayat-ayatnya yang sangat indah dan juga mempesona. Ini yang membuat banyak imam masjid di berbagai tempat, sering membaca suroh tersebut ketika shalat berjama’ah. Dengan alasan itulah, tidak ada salahnya jika kita juga mulai membaca serta mempelajarinya, agar mengerti akan suara yang sering dibacakan oleh imam masjid tersebut ketika sedang shalat.
  5. Suroh al-Baqarah. Bukan hanya sebagai suroh yang paling panjang, yang membuat suroh ini menjadi istimewa, akan tetapi kandungannya yang banyak berisikan prinsip aqidah dan berbagai hukum kehidupan. 
  6. Suroh al-Mulk. Menjelang tidur, maka ini akan menjadi suroh yang sebaiknya dibaca. Mengingat tiap hari kita pasti tidur, jadi sudah selayaknya kita coba renungkan serta menyibak makna di balik suroh tersebut.
  7. Suroh al-Fatihah. Ini adalah salah satu suroh yang rutin dibaca, bahkan minimalnya 17 kali dalam sehari semalam. Suroh yang termasuk suroh pembuka ini, apakah kita mengetahui makna dan artinya ? Jangan sampai hanya hapal di bibir saja, tanpa mengetahui makna dan artinya !
  8. Suroh adh-Dhuha. Ini adalah suroh yang sering kali dibaca ketika shalat dhuha, salah satu alasanya karena namanya mirip. Sebagian besar orang pasti sudah pernah membacanya. Tapi pernahkah kita memahami, arti dan makna dibalik suroh tersebut?  
  9. Suroh an-Naba. Jujur, ini adalah suroh yang mempunyai makna spesial, lantaran adanya kata amma yang ada pada kata pertama suroh tersebut, yang digunakan pada kata Juz Amma. Bagi kita yang tidak tahu, atau belum mengerti suroh ini, sudah sebaiknya membaca, pahami arti dan makna dari suroh tersebut. 
  10. Suroh Yusuf. Termasuk suroh yang berisikan kisah terbaik dalam Qur’an, terutama pada ayat ke-3. Apakah kita mengetahui kisah dan hikmahnya? Jika belum, sebaiknya pelajari dengan membaca tafsirnya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar