Recent Posts

Dr Yogi Ahmad Erlangga, Ilmuwan Muslim yang Berhasil Pecahkan Persamaan Helmholtz

27 Apr 2020
Yogi Ahmad Erlangga

Selama tiga puluh tahun sebelumnya, tak ada yang berhasil memecahkan persamaan Helmholtz yang sering dipakai untuk mencari titik lokasi minyak bumi. Hingga ilmuwan asal Indonesia, Dr Yogi Ahmad Erlangga memecahkan rumus persamaan Matematika itu.






Selain cerdas, ilmuwan yang memiliki jenggot panjang dan jidat hitam ini juga taat beribadah. Ia dikenal rajin shalat lima waktu.

Pria asal Tasikmalaya ini menempuh S1 dan S2 di ITB. Ketika melanjutkan S3 di Belanda, Dosen ITB itu tertantang oleh perusahaan minyak Shell yang minta bantuan DUT (Delft University of Technology) untuk memecahkan rumus Helmholtz. Setelah mengadakan riset dengan menghabiskan dana sekitar Rp 6 milyar yang dibiayai Shell, akhirnya rumus itu mampu ia pecahkan.

“Banyak pakar yang menghindari penelitian untuk memecahkan rumus Helmholtz ini karena memang sangat sulit dan rumit,” kata Yogi.

Penemuan Yogi sontak mencengangkan dunia Iptek. Ia mendapat apresiasi dari berbagai universitas di Eropa, Israel dan USA. Dengan hasil temuannya ini, banyak perusahaan minyak dunia sangat senang. Pasalnya, dengan rumus itu mereka dapat 100 kali lebih cepat dalam menemukan sumber minyak di perut bumi melalui gelombang elektromagnetik yang dipantulkan dari perut bumi dengan akurasi yang sangat tinggi.

Pria kelahiran 8 Oktober 1974 itu tak berpuas diri dengan temuannya. Ia punya obsesi melahirkan temuan lain di bidang pesawat terbang dan biomekanikal.

“Saya memiliki obsesi pribadi. Keinginan saya adalah ingin melakukan penelitian tentang pesawat terbang yang menjadi spesialisasinya Aeronotika dan Astronotika, perminyakan, dan biomekanik,” kata pemenang penghargaan VNO-NCW Scholarship dari Dutch Chamber of Commerce itu. []









Tidak ada komentar:

Posting Komentar