Recent Posts

Dahsyatnya Sholat Dhuha di Bulan Ramadhan

30 Apr 2020
sholat dhuha
ilustrasi (iStock)

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang istimewa. Rasulullah mewasiatkan kepada Abu Hurairah agar ia menjadi amal harian, minimal dua rakaat.






“Kekasihku –Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam- mewasiatkan tiga hal padaku: berpuasa tiga hari setiap bulannya, melaksanakan sholat dhuha dua raka’at dan sholat witir sebelum tidur.” (Muttafaq ‘alaih)

Salah satu keistimewaan sholat sunnah ini adalah, dua rakaatnya senilai dengan 360 sedekah. Sedekah sebanyak itu merupakan kewajiban harian bagi tiap sendi tubuh manusia yang jumlahnya pas 360.

Banyak banget? Siapa yang bisa bersedekah 360 sehari? Tenang. Sedekah di sini tak harus berupa pemberian uang atau harta kepada orang lain. Setiap kebaikan adalah sedekah, bahkan membaca kalimat thayyibah adalah sedekah. Dan sholat dhuha dua rakaat bisa menggantikan 360 sedekah itu.

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim)






Keistimewaan sholat dhuha lainnya, siapa yang mengerjakan sholat sunnah ini empat rakaat, rezekinya di hari itu akan dijamin Allah. Bahkan ‘diantar’. Dengan kata lain, rezekinya dilancarkan, rezekinya dimudahkan.

يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تُعْجِزْنِى مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِى أَوَّلِ نَهَارِكَ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)

Sholat dhuha juga disebut Rasulullah sebagai sholat awwabin. Yakni sholatnya orang-orang yang kembali (bertaubat) kepada Allah. Sholatnya orang-orang yang taat. Merutinkan sholat dhuha menjadikan seseorang dicatat sebagai orang-orang yang taat.

Di bulan Ramadhan, sholat dhuha semakin dahsyat. Dahsyat pahalanya, dahsyat fadhilahnya. Mengapa? Karena di bulan ini amal kebaikan dilipatgandakan pahalanya.

Bayangkan kalau di hari biasa saja sholat dhuha senilai 360 sedekah. Berapa nilainya di bulan Ramadhan? Berlipat-lipat. Karenanya jangan bersedih kalau Ramadhan ini tidak bisa bersedekah harta sebanyak Ramadhan tahun lalu. Pandemi covid-19 memang membuat hampir seluruh usaha dan profesi terdampak. Perbanyak sholat dhuha, pahala sedekah pun semakin berlimpah.

Kalau di hari biasa saja sholat dhuha empat rakaat dicukupkan rezekinya oleh Allah, bagaimana di bulan Ramadhan? Lebih dahsyat lagi, insya Allah. Namun jangan dibatasi rezeki hanya uang dan materi. Kesehatan adalah rezeki. Terhindar dari sakit adalah rezeki. Terhindar dari corona adalah rezeki. Bisa beribadah adalah rezeki. Bahkan sholat dhuha itu sendiri adalah rezeki.

Pembahasan lengkap sholat dhuha mulai keutamaan hingga tata caranya bisa dibaca di Niat Sholat Dhuha








Tidak ada komentar:

Posting Komentar