Recent Posts

Bikin Orang Negatif Jadi ‘Positif Corona’, 4.000 Unit Rapid Test China Ditarik

7 Mei 2020
rapid test
ilustrasi rapid test (Tribunnews)

Hal mengejutkan terjadi ketika ratusan orang di Bali dinyatakan positif Corona dengan hasil rapid test asal China.

Dusun Banjar Serokadan di Desa Abuan, Bangli, Bali menguji cepat warganya. Hasilnya, 443 orang positif. Hasil mengejutkan itu membuat Pemprov Bali mengisolasi dusun yang berpenduduk 1.210 warga tersebut.






Namun setelah diuji ulang dengan tes PCR, 275 orang malah dinyatakan negatif. Sementara sisanya, 139 orang, masih menunggu hasil swab tersebut.

Belakangan diketahui alat rapid test yang digunakan hingga ratusan orang dinyatakan positif itu bermerek VivaDiag. Alat tes itu merupakan buatan China yang diimpor PT Kirana Jaya Lestari.

Kepala Dinas Kesehatan Bali Ketut Suarjaya mengakui bahwa pihaknya memberi alat rapid test Corona COVID-19 tersebut. Bahkan ada 4.000 unit. Namun setelah hasil kontroversi di Banjar Serokadan, alat tes itu pun ditarik.

"Sementara ini rapid test tersebut kami tarik dan diganti dengan yang lain," kata Suarjaya seperti dikutip Viva, Kamis (7/5/2020).

Ia menambahkan, alat rapid test bermerek Vivadiag itu kini tengah diperiksa oleh Kementerian Kesehatan. [Ibnu K/Tarbiyah]








9 komentar:

  1. Kita seharusnya sadar,,,bahwa asal covid19 dari mana kenapa ga di cek lebih teliti ...orang indonesia kan pinter ...masa bisa ????

    BalasHapus
  2. mana profesor profesor Indonesia,mana lab lab di Indonesia,mana ilmuwan ilmuwan Indonesia gerakan beliau2 untuk membuat sesuatu yang lebih canggih untuk menangani covid-19

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Kayaknya perlu dicek lagi yang dinyatakan positif menggunakan alat produk china tersebut, takutnya orang yang sehat dinyatakan positif, alhasil perekonomian kita semakin abruk, gara2 lockdown yang berkepanjangan.

    BalasHapus
  5. Bisnis n bisnis indonesia bagaikan burung pipit🤭🤭🤭

    BalasHapus
  6. Cocok buat ngetes aluhut bisar itu dan kroni2 rezim dungu.
    Biar masuk RSJ sekalian😊😊😊

    BalasHapus
  7. Saya makin curiga dibalik drama Corona ini sp y pemeran utama nya
    ???

    BalasHapus
  8. Sudah hilangkah rasa kebangsaan kita, rasa persaudaraan kita, rasa kasih sayang kita dengan orang² dari bangsa kita sendiri. sehingga utk kepentingan pribadi kita mengorbankan bangsa ini, resiko sosial yg harus dihadapi oleh saudara kita yg dinyatakan positif tentu sangat membebani kehidupannya...apakah utk keadaan pandemi yg sangat berat ini nurani kita juga terkena virus...ayolah ringankan beban bangsa ini bersama sama jgn lagi ada tipu² dan perlu tetap teliti dgn alat² kesehatan yg menyangkut hajat hidup orang banyak

    BalasHapus
  9. Alat yang lainpun sebaiknya diwaspadai juga terutama dari negara yang sama.

    BalasHapus