Recent Posts

Menristek: Serum Anticorona Siap dalam 3 Bulan

6 Mei 2020
Menristek

Pemerintah terus berupaya menemukan obat penyakit Covid-19. Sederet suplemen dan obat baik herbal maupun kimia pun dicoba.

"Suplemen dibutuhkan terutama bagi yang sehat untuk bisa jaga imun. Dipimpin LIPI dan sedang dilakukan uji klinis di RS Wisma Atlet seperti jahe merah dan lain-lain," kata Menristek dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)Bambang Brodjonegoro dalam rapat virtual dengan Komisi V dan VII DPR, Selasa (5/5/2020).






Menristek mengungkapkan, saat ini pihaknya bekerja sama UI juga tengah menguji pil kina sebagai obat corona. Pengujian itu juga dikoordinasikan dengan WHO.

"Kami sampaikan ada multicentre clinical trial. Untuk Indonesia kita sedang dorong analisa terhadap pil kina oleh UI. Nanti pengujian koordinasi dengan standar WHO," terangnya.

Selain itu, penggunaan plasma darah dari pasien yang sembuh juga menjadi perhatian. Saat ini masih dalam tahap riset di beberapa rumah sakit di Indonesia.

Yang menggembirakan, Menristek optimis bahwa tiga bulan ke depan Indonesia akan berhasil mengembangkan serum antivirus corona yang ampuh.

"Selain itu kita coba mengembangkan serum antivirus corona yang dibutuhkan 3 bulan untuk menghasilkan serum yang ampuh," tandasnya. [Ibnu K/Tarbiyah]









Tidak ada komentar:

Posting Komentar