Recent Posts

Demo Tak Bisa Dikendalikan, Trump Disembunyikan di Bunker

1 Jun 2020

demonstran gedung putih
Demonstran mengepung Gedung Putih (Reuters)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilarikan ke ruang perlindungan bawah tanah (bunker). Pasalnya, massa demonstran atas kematian warga kulit hitam, George Floyd, mengepung Gedung Putih pada Jumat (29/5/2020) kemarin.

CNN melaporkan peristiwa itu pada Senin (1/6/2020). Sumber mengatakan para ajudan membawa Trump ke bunker dan berlindung di sana selama satu jam. Setelah itu Trump dibawa ke ruangannya ketika situasi sudah terkendali.

 

Selain Trump, mereka juga membawa ibu negara, Melania, dan anak bungsu Trump, Barron, ke dalam bunker.

 

"Jika status keamanan di Gedung Putih sudah mencapai merah, maka presiden harus dipindahkan ke Pusat Operasi Darurat (EOC). Melania Trump, Barron Trump dan seluruh anggota keluarga presiden juga harus dipindahkan," kata sumber itu seperti dikutip CNN.

 

Kondisi terkendali setelah aparat kepolisian berhasil memukul mundur dan membubarkan para demonstran yang berada di depan Gedung Putih.

 

Demonstrasi di AS belum mereda. Unjuk rasa besar-besaran terjadi di berbagai kota. Bahkan di Minneapolis, Atlanta, San Francisco, Miami, dan Denver, demonstrasi berujung kerusuhan dan penjarahan. Sebanyak 40 kota dan 15 negara bagian di AS saat ini menerapkan jam malam untuk meredam gelombang demonstrasi.

 

Demonstrasi itu dipicu oleh meninggalnya Floyd usai mengalami tindak kekerasan oleh anggota Polsek 3 Minneapolis, dengan dalih melawan ketika ditangkap pada 25 Mei lalu.


Petugas kepolisian Minneapolis, Derek Chauvin, yang menekan leher Floyd dengan lutut hingga kehabisan napas dijerat dengan sangkaan pembunuhan tingkat tiga. []








1 komentar: