Recent Posts

Indonesia Tak Kirim Jamaah Haji 2020, Dananya Dikaji untuk Perkuat Rupiah

2 Jun 2020

dana haji
ilustrasi (Liputan6)

Kementerian Agama RI memastikan tidak akan mengirim jamaah haji pada 1441 Hijriah atau 2020 Masehi. Dana simpanan haji 2020 sebanyak $600 juta pun menganggur.


Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu mengungkapkan, saat ini BPKH memiliki simpanan dana haji untuk tahun ini dalam sebanyak US$600 juta. Simpanan dalam bentuk dolar Amerika itu setara Rp8,7 triliun.

 

Dana itu, menurut Anggito, bisa dimanfaatkan untuk kepentingan stabilisasi nilai tukar rupiah. Langkah tersebut tentunya berkoordinasi dengan Bank Indonesia.

 

"Insya Allah (akan digunakan karena pengiriman haji batal tahun ini),"kata Anggito seperti dikutip Viva, Selasa (2/6/2020).

 

Namun demikian, lanjutnya, BPKH bersama dengan Bank Indonesia masih mengkaji lebih lanjut mengenai mekanisme pemanfaatan dana tersebut. Itu ditujukan supaya pemanfaatan dana bisa tetap sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan dalan peraturan yang ada.

 

"(Mekanismenya) sedang dalam pengkajian," tambah Anggito. 

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan calon jamaah haji 2020. Salah satu penyebab keputusan ini diambil adalah karena Saudi tak kunjung memberikan kejelasan, di tengah pandemi corona yang melanda seluruh dunia.

 

"Pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan jamaah haji pada 2020 atau tahun 1441 Hijriah," kata Menag dalam jumpa pers yang disiarkan langsung melalui YouTube, Selasa (2/6/2020). []








Tidak ada komentar:

Posting Komentar