Recent Posts

Ini Alasan Natalius Pigai Tolak Tegas Wacana Pemilu Serentak Diundur 2027

24 Jun 2020

Jokowi Maruf dan KPU
Dokumentasi saat KPU tetapkan Jokowi-Ma'ruf sebagai Capres, Juni 2019

Wacana yang dilontarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa ada kemungkinan Pemilu serentak diundur 2027 mendapat penolakan dari sejumlah pihak. Penolakan tegas datang dari aktivis HAM, Natalius Pigai.

 




Anggota Komnas HAM periode 2012–2017 itu mengkhawatirkan terjadinya manipulasi Pemilu secara sistemik jika pemilu digelar saat para kepala daerah Plt dijabat ASN dan TNI/Polri.

 

“Wacana Pemilu diundur 2027 hrs ditolak tegas karena Demokrasi  bisa diamputasi kekuasaan. Diduga Jokowi & PDIP  mau Pemilu 2024 dilaksanakan ketika Gubernur & Bupati/ Wali Kota Plt (ASN/TNI/Polri). Mereka bisa lakukan manipulasi Pemilu secara sistemik,” kata Natalius melalui akun Twitter pribadinya, @NataliusPigai2, Selasa (23/6/2020).

 

Cuitan itu pun viral. Diretwit 1,7 ribu kali dan mendapatkan 3,8 ribu like.

 

Ratusan komentar pengguna Twitter setuju dengan cuitan tersebut.

 

“Mereka takut kekuasaan nya berakhir...tapi pasti tidak bisa semudah itu kisanak,” kata @DeddyPriyatno

 

“Segala cara dilakukan, ketika 3 periode menemui jalan buntu, maka di coba cara lain. Kita lihat bagaimana Hukum dipermainkan oleh kekuasaan. Kacau sekali sudah pengendalian negara ini,” kata @Prayogiidn

 

“Ada saja cara licik,” kata @DerawanPrima

 

Sebelumnya diberitakan, KPU menyebut ada wacana yang sedang digodok pemerintah dan DPR RI untuk mengundur pilkada serentak tahun 2024 ke tahun 2027.

 

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan wacana itu saat ini sedang digodok oleh pemerintah dan DPR RI dalam proses revisi Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada dan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Wacana yang belakangan muncul adalah keserentakan pilkada pada 2024 digeser untuk diterapkan 2027. []








Tidak ada komentar:

Posting Komentar